Bukan Permen Biasa

Permen karet adalah makanan yang cukup digemari masyarakat semua kalangan. Orang-orang menyukai permen karet karena teksturnya yang kenyal dan bisa dijadikan hiburan. Tapi pernahkah terfikirkan manfaat lain saat mengonsumsi permen karet ?

Yuk simak penjelasan berikut, manfaat dari mengonsumsi permen karet !!
Permen karet yang akan kita bahas manfaatnya adalah permen karet bebas gula. Permen karet jenis ini biasanya mengandung xylitol  atau sorbitol untuk rasa manisnya.

1. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut
American Dental Association merekomendasikan mengunyah permen karet bebas gula selama 20 menit setelah makan. Mengunyah permen karet dapat meningkatkan aliran air liur, menurunkan pH air liur, serta menurunkan skor plak pada gigi. Hal tersebut adalah faktor-faktor yang dapat menurunkan resiko karies gigi (Sulistiadi, 2007). Selain itu, peningkatan air liur juga akan membawa lebih banyak kalsium dan fosfat untuk membantu memperkuat enamel gigi.

2. Meningkatkan Memori
Hasil penelitian tentang “Efek Mengunyah Permen Karet Terhadap Peningkatan Memori Jangka Pendek” menyebutkan bahwa mengunyah permen karet dapat meningkatkan memori jangka pendek hingga 20%. Mengunyah permen karet dapat meningkatkan denyut nadi dan aliran darah yang kemudian menambah asupan jumlah oksigen ke otak. Hal ini menyebabkan adanya peningkatan efisiensi fungsi otak. (Kurniawati & Budiman, 2010)

3. Menurunkan berat badan
Sebuah penelitian di Louisiana State University, USA memaparkan bahwa mengunyah permen karet dapat menghindari kenaikan berat badan. Orang yang senang mengunyah permen karet setelah makan siang, akan jarang “ngemil” setelahnya. Mereka juga mengurangi makananan berkalori tinggi selama satu sampai empat jam setelah mengunyah permen karet.

4. Menurunkan kecemasan
Permen karet juga dapat membantu meredakan ketegangan dengan mengurangi hormon kortisol dalam tubuh. Jika kita mengunyah permen karet dalam keadaan emosi, maka setelahnya kita akan lebih tenang dan waspada.


Tapi perlu diperhatikan guys, mengonsumsi terlalu banyak permen karet juga tidak baik untuk kondisi tubuh. Jadi konsumsi secukupnya yah kawan :)



Sumber :
American Dental Association. Retrieved from http://www.mouthhealthy.org/en/az-topics/c/chewing-gum
Kurniawati, I., & Budiman, I. (2010). Peningkatan Memori Jangka Pendek Dengan Menggunakan 3 Metode.
Sulistiadi, W. (2007). Pengaruh Pengunyahan Permen Karet Dengan Pemanis Xylitol Terhadap Penurunan Resiko Karies Gigi.



No comments:

Post a Comment

Get in Touch

Feel free to drop us a line to contact us
  • ContactOfficial Account
  • AddressJl. Raya Bandung-Sumedang Km 21, Gedung L2 Lt.3 Kampus Universitas Padjadjaran Jatinangor
  • Emailpnc.unpad@gmail.com

Pages