“Mager? Berbahaya kah?”


Banyak masyarakat sekarang yang menutup mata dengan gaya pola hidup mereka. Dengan seiringnya perkembangan jaman, banyak orang menjalani aktivitasnya serba praktis. Misalkan, pergi ke suatu tempat tidak lagi dengan berjalan kaki melainkan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor dan membeli barang atau makanan tidak lagi datang jalan ke tempat, tetapi dengan memanfaatkan layanan pembelian secara online. Tanpa disadari aktivitas tersebut menjadi kebiasaan yang tidak sehat karena minimnya gerakan.

Malas gerak bisa disebut juga “MaGer” adalah kebiasaan buruk yang perlu diubah. Meskipun bagi beberapa orang kebiasaan tersebut sudah menjadi rutinitas yang terlanjur membut rasa nyaman diri kita. Dampak dari gaya hidup MaGer itu akan mulai terasa bertahun-tahun setelah kita terbiasa menjalani nya. 

Menurut data dari European Prospective Investigation into Cancer and Nutrition (EPIC) pada tahun 2008 menunjukan kematian akibat malas gerak jumlahnya dua kali lebih banyak dibandingkan dengan obesitas. Selain itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan sekitar 2 juta orang di dunia meninggal karena tubuh yang kurang bergerak (mager). Terlalu banyak duduk yang diikuti kebiasaan memakan makanan siap saji menjadi timbulnya penyakit obesitas atau kelebihan berat badan yang juga merupakan factor dari berbagai penyakit mengerikan, salah satu nya adalah Diabetes Melitus. Menurut dokter spesialis penyakit dalam, dr. Rochismandoko. Sp PD, gaya hidup kurang gerak merupakan salah satu faktor penyebab diabetes. Beliau menjelaskan,  pola makan yang salah, terlalu banyak duduk dan kurangnya olahraga merupakan pemicu dari penyakit Diabetes Melitus.

"Memangnya kenapa jika kita terkena diabetes?" 


Sebagaimana kita ketahui diabetes melitus merupakan penyakit menahun (jangka panjang) yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula dalam darah melebihi normal. Bila penyakit ini dibiarkan dan tidak dikontrol dapat menyebabkan timbulnya penyakit lain, bahkan kematian. Menurut data dari World Life Expectancy (2015). Diabetes menjadi penyakit paling mematikan ketiga setelah Stroke dan Jatung koroner. Penyebab utama hal ini adalah gaya hidup yang tidak sehat, seperti MaGer.
Kalau kalian terkena Diabetes Melitus, kalian bisa terkena berbagai penyakit lainnya…

1. Jantung dan stroke
     Penyakit jantung dapat muncul akibat dari adanya hipertensi. Hipertensi dapat muncul karena ketebalan pembuluh darah pada orang yang terkena DM meningkat dan tidak elastis. Jika hipertensi terus meningkat dan tidak terkendali, hal ini dapat menyebabkan pembuluh darah pecah dan memicu terjadinya stroke.

2. Gagal ginjal
       Hal ini terjadi ketika saluran menuju ginjal rusak sehingga ginjal harus bekerja dengan berat dan tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik, sehingga proses penyaringan akan menjadi berat dan pembentukan urine akan tergangu.

3. Glaucoma
        Penyakit mata yang secara bertahap menyebabkan penglihatan mata semakin lama akan semakin berkurang hingga akhirnya mata akan menjadi buta. Penyebabnya karena saluan cairan yang keluar dari bola mata terhambat sehingga mata menjadi besar dan menekan saraf belakang mata dan menutup aliran darah ke saraf mata sehingga saraf itu menjadi mati.

4. Kerusakan fungsi saraf

"Terus gimana caranya biar tidak terkena diabetes?" 

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan buat menghindari penyakit ini
1. Kontrol berat badan
           Kelebihan berat badan bisa membuat kita menjadi 20-40 kali lebih rentan terkena diabetes dari pada orang yang memiliki berat badan yang sehat.

2. Kurangi menonton tv
        Tidak hanya menonton tv berjam-jam saja yang dapat meningkatkan gula darah, bermalas-malasan sambil menggunakan gadget juga dapat memberatkan kerja hormon insulin. Karena akan banyak glukosa yang harus diserap.

3. Diet sehat
         Konsumsi biji bijian dan produk gandum utuh. Biji bijian membutuhkan proses yang lama untuk menjadi gula darah.

4. Air putih, kopi dan teh tawar lebih baik dari pada minuman kemasan yg berasa karena Air putih, kopi dan teh tawar memilki lebih sedikit kadar gula. Tapi ingat kopi dan teh nya tanpa adanya tambahan gula ya.

5. Pilih makanan dengan lemak nabati (olive oil), Kurangi mengkonsumsi daging merah dan daging olahan


6. Berhentilah merokok dan kebiasaan meminum alcohol

7. Olahraga, tidakperlu yang berat-berat untuk ber-olahraga cukup dengan olahraga seperti:
     a. Olahraga Aerobik
        Olahraga aerobik seperti bersepeda, berenang, main badminton, atau lari pagi selama 30 menit. Memilki manfaat untuk memperkuat jantung dan tulang, mengurangi stress dan memperlancar peredaran darah. Sehingga mampu menjaga kadar glukosa darah, tekanan darah, dan kolesterol kita agar tetap dalam kondisi normal. Menurut  “The Nurses’ Health Study and Health Professionals” berjalan cepat selama setengah jam sehari dapat mengurangi resiko terkena diabetes.
“Nah, kalian bisa berangkat dan pulang  kuliah dengan jalan kaki dari kosan ke kampus. Atau naik turun tangga yang ada di gedung tempat kamu beraktifitas.”

     b. Melakukan Peregangan di sela-sela aktivitas/bekerja
Peregangan disea-sela pekerjaan selama 5-10 menit dapat membuat sendi sendi kita tetap lentur dan mengurangi berat kerja insulin.

” Gak ribet kan? Pas jam istirahat kalian bisa gerakin badan kalian kaya pemanasan aja.”

Sekarang sudah tahu kan dampak dari mager, banyak penyakit yang menunggu kalian disana. Tidak rugi untuk menyempatkan bangun lebih pagi dan sedikit berolahraga agar kalian tetap memiliki tubuh yang sehat. Karena HEALTH IS A REALITIONSHIP, BETWEEN YOU AND YOUR BODY

Referensi

American Diabetes Assosiation. 2017. “Physical Activity”. American Diabetes Assosiation
http://www.diabetes.org/are-you-at-risk/lower-your-risk/activity.html

Ayu, Kadek Erika, Ilhamjaya Petellongi dan A. Mushawwir Taiyeb. 2010. Peranan Lifestyle terhadap Kejadian Pra-Diabetes di Kota Makassar. Jurnal Bionature volume. 11(2), Oktober 2010.

Oreinstein, Beth W. 2017.  “6 Great Exercises for People With Diabetes”. Everyday Health
https://www.everydayhealth.com/type-2-diabetes/living-with/great-exercises-for-people-with-diabetes/#01

MD, Sabrina Felson. 2017. “How Does Diabetes Affect Your Body?”
http://www.webmd.com/diabetes/guide/risks-complications-uncontrolled-diabetes#1

The Nutrition team. “Simple Steps to Preventing Diabetes“. Harvard T.H. Chan
https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/diabetes-prevention/preventing-diabetes-full-story/#Simple_steps

No comments:

Post a Comment

Get in Touch

Feel free to drop us a line to contact us
  • ContactOfficial Account
  • AddressJl. Raya Bandung-Sumedang Km 21, Gedung L2 Lt.3 Kampus Universitas Padjadjaran Jatinangor
  • Emailpnc.unpad@gmail.com

Pages