Memakai Jaket Saat Berolahraga Membuat Badan Cepat Kurus, Mitos atau Fakta?




Lari merupakan olahraga yang sering dan umum dilakukan oleh seluruh kalangan masyarakat mulai dari anak-anak, remaja, dewasa bahkan usia lanjut. Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan, tak jarang artikel dan ahli kesehatan serta banyak orang menyarankan untuk melakukan olahraga lari. Tapi pasti kamu sering mendengar kalau berlari dengan memakai jaket dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Mitos atau fakta?

Menurut dr. Hario Tilarso, SpKO, FACSM, dokter spesialis kedokteran olahraga, penggunaan jaket saat berlari akan menghambat penguapan keringat yang dikeluarkan oleh tubuh pada saat berlari. Padahal penguapan keringat sangat penting untuk terjadi ketika melakukan aktivitas fisik atau pun olahraga, seperti berlari. Hal ini dikarenakan saat berlari suhu tubuh akan meningkat dan penguapan keringat berperan membantu menurunkan suhu tubuh menjadi kembali seperti normal. Dengan memakai jaket, keringat akan lebih sulit menguap dan suhu tubuh akan terus meningkat sehingga badan terasa sangat panas. Apabila suhu tubuh terus-terusan meningkat, tubuh dapat mengalami kejadian heat stroke. Heat stroke adalah keadaan dimana suhu tubuh melebihi 40oC dan dapat menyebabkan seseorang jatuh pingsan.
Selain itu, suhu tubuh yang terlalu panas dapat meningkatkan produksi keringat sehingga besar kemungkinan terjadinya dehidrasi dengan cepat. Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga Zaini Siregar dari Royal Sport Medicine Center Jakarta mengatakan bahwa orang yang berlari memakai jaket sering kali bertujuan untuk menurunkan berat badan lebih cepat. Memang hal itu akan terjadi, tetapi hanya sesaat. Sebab, berat badan berkurang karena banyaknya cairan yang keluar dari tubuh. Saat minum air putih lagi, berat badan akan kembali normal seperti semula.

Jadi, berlari memakai jaket sebenarnya tidak disarankan karena dapat membahayakan tubuh kita. Selain itu, penurunan berat badan terjadi bukan karena pembakaran lemak tetapi karena pengeluaran cairan yang berlebihan dan hal tersebut hanya bersifat sementara. Saat berlari atau melakukan aktivitas olahraga apapun sebaiknya menggunakan pakaian yang nyaman, tidak terlalu tebal dan mudah menyerap keringat. Selain itu selalu persiapkan air putih atau minuman isotonik untuk mengganti cairan tubuh yang hilang serta menghindari kejadian dehidrasi.

So, masih percaya pakai jaket saat berlari bisa bantu menurunkan berat badan dengan cepat?


Referensi :
Wilda, Zanel Farha. 2014. Kenakan Jaket Saat Berlari Tidak Disarankan, Ini Bahayanya. Detik Health.
Available at : https://health.detik.com/read/2014/05/08/083027/2576690/763/kenakan-jaket-saat-berlari-tidak-disarankan-ini-bahayanya


Sinulingga, Ernita Afryani. 2013. Berolah Raga Pakai Jaket Parasut Boleh, Asal.... Detik Health.
Available at : https://health.detik.com/read/2013/04/20/075820/2225665/763/berolah-raga-pakai-jaket-parasut-boleh-asal


Maharani, Dian. 2015. Bahayanya jika Lari Pakai Jaket. Kompas.
Available at : http://nationalgeographic.co.id/berita/2015/08/bahayanya-jika-lari-pakai-jaket


 Wilda, Zanel Farha. 2014. Kenakan Jaket Saat Berlari Tidak Disarankan, Ini Bahayanya. Detik  Maharani, Dian. 2015. Bahayanya jika Lari Pakai Jaket. Kompas.

No comments:

Post a Comment

Get in Touch

Feel free to drop us a line to contact us
  • ContactOfficial Account
  • AddressJl. Raya Bandung-Sumedang Km 21, Gedung L2 Lt.3 Kampus Universitas Padjadjaran Jatinangor
  • Emailpnc.unpad@gmail.com

Pages