TIPS & TRIK Menghadapi Lebaran



Tidak terasa kita sudah merampungkan ibadah puasa sebulan penuh. Selama itu pula, kita sudah terbiasa dengan rutinitas bangun pagi untuk makan sahur, kemudian menahan lapar dan dahaga sampai terbenamnya matahari. Tapi sebentar lagi kita akan segera bertemu dengan lebaran.

Eiits lebaran? Hm… Cung siapa yang suka makan berlebihan kita lebaran. Apalagi makan makanan bersantan.  Hm…. Mentang-mentang sudah tidak puasa. Awas KOLESTEROL mengintai.

Nah Guys, biar harimu tetap menyehatkan setelah berpuasa, kita punya tips dan trik nih. Catat ya, ada tiga poin penting yang perlu kita terapkan. Pertama adalah mengontrol pola makan, kedua tetap berolahraga dan yang terakhir mengecek status kesehatan.

1. Mengontrol  pola makan



Puasa, sebenarnya merupakan momen penting bagi kita, agar tubuh bisa melakukan recovery. Selama puasa, cadangan makanan dalam tubuh akan dipecah, sehingga menghindari kecenderungan terjadinya obesitas yang bisa meningkatkan resiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Setelah berpuasa, rata-rata dari kita akan punya kecenderungan untuk makan dengan pola seperti hari-hari di luar Ramadhan. Yang mungkin, banyak dari kita yang masih  belum bisa mengontrol jam makan secara teratur, bahkan belum menyeleksi makanan yang masuk ke dalam tubuh kita.

Yang yang perlu kita terapkan, dalam mengontrol pola makan adalah:
- Tidak disarankan bagi kita untuk mengonsumsi makanan yang mengandung lemak dan kolesterol secara berlebihan.  Makanlah secukupnya, atau makan dalam porsi kecil tapi sering.
- Prioritaskan mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbangan. Selektiflah dalam memilih makanan.
- Saat lebaran, tetap sajikan buah-buahan utuh yang banyak mengandung vitamin C, serat,  untuk menetralisir lemak.
- Perbanyak minum air putih (1500-2000 ml/hari)

2. Tetap berolahraga



Selain mengontrol pola makan. Kita juga harus menyempatkan waktu kurang lebih 30 menit setiap 3-5 kali per minggu untuk melakukan olahraga. Jika tujuan kita adalah untuk menghindari penyakit kardiovaskular, kita bisa rutinkan melakukan olahraga aerobik seperti berjalan atau berlari. Bukan menjadi alasan jika kita mengatakan tidak ada teman. Karena pada momen setelah lebaran, biasanya kita masih berkumpul dengan sanak saudara. Jadi olahraga bisa menjadi ajang mendekatkan keeratan tali persaudaraan dengan keluarga yang sedang berkumpul.

3. Cek status kesehatan



Perlu juga kiranya melakukan cek kesehatan untuk memastikan keadaan kesehatan kita saat ini.   Cek kesehatan sangat disarankan terutama bagi Anda yang beresiko tinggi mengalami gangguan kesehatan atau bagi Anda yang akan pulang lagi ke rumah masing-masing setelah mudik ke kampung halaman. Anda bisa melakukan cek tekanan darah, glukosa, kolesterol atau asam urat. Banyak posko-posko mudik juga menyedikan jasa pengecekan kesehatan secara cuma.

So… Let’s Move to Health
Mohon maaf lahir dan batin
#PNCPNCPNC

No comments:

Post a Comment

Get in Touch

Feel free to drop us a line to contact us
  • ContactOfficial Account
  • AddressJl. Raya Bandung-Sumedang Km 21, Gedung L2 Lt.3 Kampus Universitas Padjadjaran Jatinangor
  • Emailpnc.unpad@gmail.com

Pages