Pernahkah anda terkena cipratan minyak atau terkena penggorengan panas lalu mengoles lukanya menggunakan pasta gigi ??


Pernahkah anda terkena cipratan minyak atau terkena penggorengan panas  lalu mengoles lukanya menggunakan pasta gigi ??

Sebetulnya bolehkah mengoles luka diatas menggunakan pasta gigi ?
Yu cek penjelasan  konsep di bawah ini ..

Secara sederhana Luka bakar (combustio/burn) merupakan cedera pada bagian tubuh sebagai akibat kontak langsung atau terpapar dengan sumber-sumber panas (thermal), listrik (electrict), zat kimia (chemycal), atau radiasi (radiation) (American Burn Association,2013).
UMUMNYA perlukaan akibat terkena cipratan minyak atau penggorengan panas  dengan  luas permukaan tubuh yang terkena  < 20% termasuk kedalam penggolongan luka bakar jenis ringan. Respon  tubuh terhadap luka bakar jenis ringan ini masih bersifat lokal atau terbatas pada area cedera. Meskipun bersifat lokal pada area cedera saja, jika penanganan pertama tidak dilakukan secara baik, tetap berbahaya , bahkan bisa menyebabkan SEPSIS (Infeksi menyeluruh) , bahkan kematian.

MEMANG JIKA LUKA BAKAR DIOLESI PASTA GIGI APA YANG AKAN TERJADI ??
Ketika bagian dari tubuh kita terpapar oleh suhu panas yang tinggi dan menyebabkan cedera pada kulit/ bagian tubuh tertentu , secara spontan akan merangsang terjadinya reaksi inflamasi (Peradangan) sebagai respon fisiologis tubuh, yang secara normal memang berlangsung dalam proses penyembuhan luka . ** (Untuk detail proses penyembuhan luka akan kita bahas ditema selanjutnya yaa ).
Ketika proses penyembuhan luka terjadi, akan lebih baik dan cepat jika tidak ada substansi yang mengganggu, seperti virus , bakteri ataupun bahan kimia contohnya bahan kimia yang terkandung dalam pasta gigi. Pasta gigi mengandung pemutih, detergen, dan bahan pengawet yang didalamnya terdapat substansi jenis mikroba dan bahan kimia lainnya ,sehingga beresiko menyebabkan infeksi dan menghambat terjadinya proses alamiah penyembuhan luka  (Tim DI,2016)

JADI , PERTOLONGAN PERTAMA APA YANG BISA KITA LAKUKAN JIKA KITA MENGALAMI KASUS DIATAS ???
Hal yang pertama bisa kamu lakukan adalah dengan mengguyur luka dengan air mengalir (air biasa/sumur , bukan es atau bukan air panas ya ), pada beberapa sumber dikatakan pengguyuran dapat dilakukan selama 10-20 menit (Namun dapat disesuaikan dengan luas permukaan tubuh yang terkena yaa).
Rasionalisasi menggunakan air mengalir adalah karena suhu panas memiliki karakteristik sifat untuk menjalar ke daerah sekitarnya , oleh karena itu guyuran air biasa dapat membantu mengurangi suhu panas, sehingga tidak terjadi penjalaran luka yang semakin meluas, sehingga nyeri yang dirasakanpun tidak bertambah berat.
Lalu mengapa harus air biasa/sumur ?
Karena perlu kita perhatikan bahwa tujuan dari pengguyuran adalah untuk mengurangi suhu panas, sehingga air panas tidak bisa digunakan, lalu air es? Air es juga tidak dianjurkan karena perubahan suhu yang tiba-tiba (panas-dingin) dapat memperdalam luka bakar , bahkan jika terlalu lama bisa juga menyebabkan hipotermi.
Hal selanjutnya adalah lepaskan semua perhiasan , aksesoris atau pakaian jika menghalangi luka, hal tersebut dilakukan untuk mengurangi resiko terjadinya infeksi (poin kedua ini bisa dilakukan berbarengan dengan poin pertama ya)
Selanjutnya dapat dibantu menggunakan salep (contohnya bioplacenton).Dan yang terakhir adalah dengan melakukan perawatan luka secara biasa  berupa pembersihan luka agar terhindar dari resiko terkena infeksi. Namun jika luka tak kunjung sembuh segera kunjungi fasilitas kesehatan terdekat yaa..
So, buat kamu yang masih suka pake pasta gigi buat ngobatin luka bakar udah tau kan sekarang ilmunya 
Semoga bermanfaat 

Referensi :
Conference, A. B. (2013, february). American Burn Association. Retrieved January 5, 2017, from americanburn.org: http://www.ameriburn.org/2013NLC/TraumaDefinition_LeaveBehind.pdf
Indonesia, D. (2016, November 2013). Mengapa luka bakar tidak boleh dioles pasta gigi? pp. https://www.dokter.id/berita/mengapa-luka-bakar-tidak-boleh-dioles-pasta-gigi.
jacob L.Heller, M. M. (2016, juny 22). Minor Burns. p. http://www.medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000662.htm.
Service, N. H. (2015, 02 09). How do I deal with mior burns. Treathing Minor Burns, p. http://www.nhs.uk/chq/pages/1047.aspx.

No comments:

Post a Comment

Get in Touch

Feel free to drop us a line to contact us
  • ContactOfficial Account
  • AddressJl. Raya Bandung-Sumedang Km 21, Gedung L2 Lt.3 Kampus Universitas Padjadjaran Jatinangor
  • Emailpnc.unpad@gmail.com

Pages