EARPHONE MEMBAHAYAKAN? YUK CEK FAKTANYA!


Kenali Dampak Penggunaan Earphone terhadap telinga kita 

    


    Temen temen tahu ga sih, banyak orang yang menggunakan earphone dalam jangka waktu yang lama setiap harinya, bahkan tak jarang mendengarkan musik dengan volume yang sangat kencang sehingga akhirnya bisa saja sedikit demi sedikit kehilangan fungsi pendengarannya loh. 

Data yang dilansir oleh badan kesehatan dunia WHO bahkan menyebutkan jika setidaknya ada 1,1 juta orang di seluruh dunia dengan rentang usia 12 hingga 35 tahun yang memiliki resiko kehilangan fungsi pendengaran akibat terlalu sering dan terlalu lama memakai earphone. Tanpa kita sadari, terlalu lama memakai earphone akan bisa memicu kerusakan pada gendang telinga bagian dalam.

    


    Telinga manusia terdiri dari tiga bagian, yaitu telinga luar, telinga tengah, dan telinga bagian dalam. Fungsinya telinga luar untuk menangkap suara dan melokalisasi gelombang suara, telinga tengah untuk mengubah gelombang suara menjadi getaran, dan telinga bagian dalam untuk membantu keseimbangan tubuh.

Telinga manusia mempunyai ambang batas pendengaran, dengan frekuensi 20-2000 Hz dan intensitas suara hingga 80 dB (desibel). Bila suara yang didengarkan masih dalam batas normal tidak menjadi masalah, namun akan menjadi masalah apabila mendengarkan suara dengan intensitas lebih dari 80 dB, karena suara dengan intensitas tinggi dapat mempengaruhi reseptor suara pada telinga (Hamdali, 2006)



Jadi Apa Saja Dampak Penggunaan Earphone? 

  • Telinga Lelah

Bahaya menggunakan earphone terlalu sering yang pertama adalah keluhan telinga yang lelah. Ini adalah kondisi dimana sistem pendengaran mengalami penurunan fungsi, sehingga kesulitan menangkap gelombang suara. Istilah ‘budeg’, mungkin lebih mudah  dipahami sebagai bahaya menggunakan earphone terlalu sering dalam jangka pendek. Bagian daun telinga yang disisipkan earphone dalam waktu yang lama juga bisa merasa sakit, bahkan luka lecet akibat tertekan dengan perangkat earphone yang digunakan.


  • Tinnitus

Bahaya menggunakan earphone terlalu sering yang selanjutnya adalah tinnitus. Ini adalah gangguan pendengaran yang disertai sensasi berdering pada telinga.

Tinnitus disebabkan oleh kerusakan sel-sel rambut halus pada koklea, yang terus-menerus digempur dengan suara keras dari earphone dalam jangka waktu yang lama.


  • Peningkatan Produksi Kotoran Telinga

Peningkatan produksi kotoran telinga juga masuk ke dalam bahaya menggunakan earphone terlalu sering. Telinga yang dipaksa menerima stimulus suara dengan suara keras dan dalam waktu yang lama akan membuat telinga kotor. Apalagi jika earphone yang digunakan juga jarang dibersihkan. Kondisi ini tentu saja menimbulkan rasa tidak nyaman, seperti gatal hingga bau tak sedap pada telinga.


Lalu, Berapa lama sih maksimalnya kita boleh pakai earphone? 

       Maksimal penggunaan earphone setiap harinya adalah 90 hingga 120 menit saja, itupun dengan syarat bahwa kita harus melepaskannya beberapa kali agar telinga mendapatkan waktu istirahatnya. Kita pun dianjurkan untuk menggunakan earphone jika butuh saja. Namun, apabila kita tetap membutuhkannya untuk urusan pekerjaan dalam waktu yang lama, kita bisa melepaskannya setidaknya sekali dalam sepuluh menit. Tak hanya itu, gunakan volume suara yang rendah dan sedang, juga sebaiknya kita memakai jenis earphon yang tidak terlalu masuk tertanam ke dalam telinga.


    Nah tadi adalah beberapa dampak dari penggunaan earphone ya teman teman.

Akan tetapi, buka berarti kita tidak boleh menggunakan earphone loh!. Earphone tetap boleh kita gunakan asalkan kita bisa menggunakannya dengan bijak. Salah satunya adalah dengan Kurangi Penggunaan Earphone. 

Untuk menghindari bahaya menggunakan earphone terlalu sering yang harus diperhatikan adalah : 

  1. Kurangilah intensitas penggunaannya.

  2. Jangan memakai earphone dalam waktu yang lama, apalagi dengan volume suara yang sangat keras dan sisipan earphone yang terlalu masuk ke dalam telinga.

  3. Selalu bersihkan earphone dengan tisu atau cutton bud untuk menjangkau semua bagiannya.

  4. Serta jangan meminjam atau meminjamkan earphone pada orang lain untuk mencegah penularan virus dan bakteri.  

Nah berakhir deh pembahasan kita mengenai dampak earphone. Buat temen temen semua yuk kita sayangi dan lindungi telinga kita dengan tidak menggunakan earphone, headphone, headset atau perangkat lainnya secara belebihan ya. Sampai bertemu di artikel artikel selanjutnya ><






Daftar Pustaka

Khairifah, V. (2020, September 29). Retrieved from Cek Aja.com: https://www.cekaja.com/info/bahaya-menggunakan-earphone-terlalu-sering#:~:text=Bahaya%20Menggunakan%20Earphone%20Terlalu%20Sering%201%201.%20Telinga,Bakteri%20Berbahaya%20...%207%207.%20Gangguan%20Pendengaran%20

  Siregar, Z. K. R. (2019). Dampak Penggunaan Earphone Terhadap Fungsi Pendengaran padaMahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (Doctoral dissertation).

Setiani, L., Syakila, N., & Yusni, Y. (2018). Hubungan Lama Paparan Penggunaan Earphone Musik Terhadap Terjadinya Gangguan Pendengaran Akibat Bising pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala. Jurnal Kedokteran Nanggroe Medika, 1(2), 17-26.


No comments:

Post a Comment

Get in Touch

Feel free to drop us a line to contact us
  • ContactOfficial Account
  • AddressJl. Raya Bandung-Sumedang Km 21, Gedung L2 Lt.3 Kampus Universitas Padjadjaran Jatinangor
  • Emailpnc.unpad@gmail.com

Pages